Senin, 05 Maret 2018

Mencari Perlengkapan sekolah (Jepang)

Banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk sekolah di Jepang. Bukan anak yang sibuk tapi malah orang tuanya yang harus melakukan banyak hal. Orang tua di Jepang sangat exciting jika anaknya akan sekolah. Mereka lebih heboh daripada si anak. Banyak barang- barang yang harus dibeli dan dibuat. Daftar barang yang harus dimiliki diberikan dari sekolah untuk dicari. Sekarang saatnya berburu perlengkapan sekolah.
Sekolah memberikan alamat untuk membeli baju seragam dan sepatu disekitar Matsumoto. Sedangkan untuk pernik-pernik yang lain mesti dicari atau dibuat sendiri seperti tas baju. Barang-barang yang harus dimiliki setiap anak adalah :

  1. Baju seragam terdiri dari seragam harian untuk hari Senin-Jumat berupa rok, t-shirt putih lengan panjang, blazer biru tua, baju olah raga training panjang untuk winter, dan baju olah raga pendek untuk summer. Topi kuning bulat yang dipakai setiap hari, dan topi pat biru dipakai setiap olah raga. Kalau ga salah di toko seragam ini habis 35.000¥.
  2. Sepatu ada 3 macam, yaitu sepatu dalam ruangan, sepatu olah raga, sepatu untuk berangkat dari rumah yang tergantung cuaca. Kalau summer bisa memakai sepatu kets, dan winter atau hujan dengan sepatu booth tahan salju, jika salju besar mesti memakai sepatu boot sampai paha. Sepatu booth sebetis harga ¥4.500. Sedangkan untuk sepatu booth sampai lutut tidak perlu beli karena dapat hibah. Kaos kaki warna putih, untuk winter bisa menggunakan kaos kaki dengan bahan heat tech biar anget.           
                                 
                                                Sepatu untuk salju                           
  3. Tas untuk anak SD sudah ditentukan dengan randoseru seperti tas Nobita di Doraemon. Sebenarnya sekolah mengizinkan untuk tidak membeli karena sekolahnya tidak sampai kelas 6, namun kakak pengen seperti teman-temannya. Kalau beli di toko harganya mahal banget sampai 120.000¥ atau 14 jutaan. Kita beli di Amazon dan dapat harga murah 5.000¥ dengan garansi 6 tahun. Lumayan menghemat tapi memang beda kualitas dan fasilitas seperti yang mahal. Kalau yang murah ini masih manual dan tidak bisa mengunci sendiri seperti yang mahal. Tas lain yang harus dimiliki adalah tas kain untuk membawa baju olah raga yang besar untuk winter, tas agak kecil untuk baju olah raga summer, tas untuk membawa sepatu, tas untuk meminjam buku di perpustakaan, tas untuk membawa bekal. Kalau orang Jepang, biasanya tas kain dibuat sendiri namun karena kita tidak punya mesin jahit maka harus membeli. Kita berhasil mendapatkan tas ini di mal Seibu dan LPA. Karena hand made, tas ini lumayan mahal, kemarin beli tas bukunya 2.500¥, tas baju olah raga winter ¥2.750.                                                                                                                 Tas kain handmade                                                              
    Randoseru
  4. Alat tulis yang harus dibeli sudah ditentukan, bahkan dengan merk-merknya. Untuk crayon merk sakura dengan isi 16 warna, dan pensil warna juga merk sakura. Semua barang harus diberi nama, tidak cuma wadahnya aja namun sampai crayon per warna diberi nama dengan huruf Katakana. Pensil yang harus dibawa adalah 6B, 2B, B, dan H serta pensil warna warna merah. Bolpen warna biru dan mark pen warna hitam juga harus dibawa jika suatu waktu dibutuhkan untuk memberi nama di sekolah. Tempat pensil juga ada model khusus yang harus dimiliki, kemarin beli dengan harga ¥2.700. Alas untuk menulis ukuran A4 yang transparan, dan untuk penghapus pensil memiliki syarat tidak berbau. Clay atau lilin juga harus dibeli untuk berkreasi di sekolah. Kemarin beli di amazon clay nya tapi lupa harganya dan untuk tempat clay beli di Daiso harga ¥100. Buku tulis hanya beli 1 buah soalnya buku paket dan buku tulis diberikan dari sekolah. Penggaros, gunting dan cuter juga harus punya sendiri. Selotip dan lem kertas juga tidak ketinggalan harus dimiliki setiap anak. Alat tulis dan perlengkapannya, kita beli di mal LPA.                                                                                             
                                                       crayon merk sakura                                             
  5. Untuk membawa bekal bento, kami membeli tempat makan gambar dora emon dengan gelas minum yang ada pegangannya. Gelas ini digunakan untuk menggosok gigi di sekolah. Setelah selesai makan, anak-anak diwajibkan menggosok gigi, jadi sikat gigi juga wajib dimiliki setiap anak. Untuk tempat minum juga ada aturannya yaitu yang tahan panas karena disini suhunya rendah dibawah 10 derajat, jadi bisa untuk membawa minum yang tahan panas. Selain itu, tempat minum ini juga bisa dicangklonging dibahu seperti tas. Kita beli tempat minumnya sekitar ¥3.280. Untuk anak SD tutup minumnya boleh yang langsung bisa diminum dan bukan yang ada gelasnya.    Tempat minum, kita beli di mal LPA.                                                         
                                          Tempat minum   
  6. Untuk bermusik, anak diwajibkan memiliki pianika. Kita beli di Amazon dengan merk yamaha ¥4.850. Di sekolah kakak ternyata banyak memakai merk suzuki dan warna hijau seragam jadi berbeda sendiri merk dan warnanya yang dibeli adalah biru.
  7. Saputangan juga harus dibawa dan alas makan dari kain. Tisu juga wajib dibawa. Masker untuk menutup hidung dan dipakai pada saat pembagian makan siang harus selalu dibawa setiap sekolah. Khusus pada saat sakit, flu dan batuk juga wajib memakai masker agar tidak menular. Untuk sapu tangan kebetulan sudah beli di Indonesia jadi murah karena pakai rupiah, apalagi bisa beli di Tanah Abang yang lusinan hahaha.
  8. Payung jika hujan dan salju juga harus dibawa. Jaket, kaos tangan, syal leher, rain cover, mantol juga menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Payung dibeli di mal LPA, merk disney harga ¥ 1.500, ditawati yang lebih murah gak mau tapi memang ternyata harga tidak bohong. Kualitas juga bagus jadi pas kena angin dan salju masih bertahan tidak patah.
Barang-barang yang harus dibawa tersebut mesti dikasih nama per item agar tidak tertukar dengan teman-temannya, karena semua memiliki barang yang sama. Dari baju, sepatu, alat makan, dan alat tulis semua ada namanya. Untuk baju seragam juga ada nama yang harus ditempel di baju, yang dibagi dari sekolah dan tinggal disetelika agar menempel. Pengeluaran total untuk sekolah SD ini mencapai ¥100.000 atau sekitar 12juta, sama seperti bayar uang pangkal dan pendaftaran SD IT di Indonesia. Bedanya untuk biaya sekolah gratis sampai selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar